Sabtu, 27 November 2010

Sekilas Tentang Kanker



Apakah Kanker Itu?
Kanker adalah suatu penyakit yang menunjukkan adanya pertumbuhan sel secara abnormal.Sel-sel ini berkembang sangat pesat dan tak terkendali.Secara normal sel mengalami pembelahan diri manakala ada kerusakan jaringan yang harus diganti dengan sel baru,akan tetapi pada kanker sel terus melakukan pembelahan diri sehingga terjadi penumpukan sel baru (inilah yang disebut tumor)Penumpukan sel ini akan mendesak jaringan tubuh dan merusaknya,sehingga mengganggu jaringan normal.
Gejala Yang Mungkin dirasakan oleh penderita Kanker
Gejala kanker secara umum adalah sebagai berikut:
*nyeri pada organ tubuh yang terserang,ini diakibatkan oleh adanya tekanan sel tumor yang meluas sehingga menekan syaraf dan pembuluh darah di sekitarnya,akan bertambah parah bila didukung perasaan cemas dan ketakutan
*pendarahan atau pengeluaran cairan yang tidak wajar (ludah,ingus,cairan putting susu,keputihan darah dsb)
*perubahan kebiasaan buang air besar
*penurunan berat badan secara drastis karena kurang lemak dan protein
*gangguan pencernaan,seperti sukar menelan yang berkepanjangan
*tuli atau ada suara-suara dalam telinga yang menetap
*luka yang tak kunjung sembuh
*tumbuhnya tahi lalat atau perubahan kulit yang mencolok
Adapun secara khusus berdasarkan jenis kankernya penderita mengalami gejala sebagai berikut:
1.Kanker payudara
   Biasanya penderita akan menemukan adanya kejanggalan pada payudara seperti benjolan,penebalan kulit,perubahan bentuk sehingga payudara yang satu  tidak  seimbang bentuknya dengan yang lain,gatal-gatal dan kemerahan,rasa nyeri diluar masa haid dan menyusui.
2. Kanker Paru-Paru
     Batuk yang ta kunjung henti,sesak napas,dahak bercampur darah,rasa nyeri di dada.
3.Kanker Otak
      Kebanyakan penderita mengalami sakit kepala yang sangat di pagi hari dan  akan berkurang  pada siang hari,epilepsi,lemah,matiras pada lengan dan kaki,sulit berjalan,mengantuk,perubahan tak normal pada penglihatan,kepribadian,ingatan dan  kemampuan verbal (sulit bicara) .Hal ini karena sel kanker telah merusak jaringan syaraf otak yang mengendalikan fungsi seluruh organ tubuh.
4. Kanker Rahim
     Terjadinya pendarahan yang abnormal pada masa haid disertai nyeri hebat.
5.  Leukimia
     Penderita tampak sangat pucat,penuruna berat badan yang drastis,sering terserang infeksi,mudah terluka,sakit pada tulang dan persendian,mimisan
6. Kanker kulit
      Benjolan  menyerupai kutil pada kulit bersifat keras seperti tanduk,infeksi yang tak sembuh-sembuh,bintik-bintik yang berubah warna dan ukuran,rasa nyeri dan perubahan warna kulit berupa bercak-bercak.
7. Limfoma
      Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening dan menjadi kenyal,gatal-gatal,berkeringat pada saat tidur malam,demam dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
       Namun demikian untuk mengetahui apakah seseorang terserang kanker atau tidak harus berkonsultasi dengan dokter secara langsung dan melakukan uji laboratorium,sebab gejala yang sama belum tentu menunjukkan penyakit yang sama.

Manfaat Kunir Putih Untuk Mengatasi  Kanker
 Di Cina  Curcuma Zedoaria telah digunakan pada treatment kanker serviks.Ekstrak air dari rimpang ini menunjukkan aktivitas antimutagenik,sehingga menghambat terjadinya mutasi  gen  di mana gen yang bermutasi inilah yang  menyebabkan pembelahan sel berlebihan.
Pada beberapa percobaan dengan tikus,pemberian ekstrak c.Zedoaria  berhasil menurunkan ukuran tumor pada tikus dan mencegah mutasi kromosomal.
Sebenarnya tidak hanya kunir putih saja yang terbukti bermanfaat  dalam pengobatan kanker  seperti  Habbatussauda`,Daun Benalu,Daun Sirsak,Umbi Keladi Tikus,Sarang Semut dan masih banyak lagi yang lain (insya Allah akan saya postingkan tersendiri lain kali)
Pengobatan herbal  dipercaya dan terbukti lebih aman dan efektif dalam mengatasi kanker,tentu saja dengan pemantauan rutin.
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar